Tuhan Tidak Adil?

tuhan tidak adil

Dalam hidup ini kita seringkali mendengarkan apa yang di lontarkan oleh orang-orang dengan nada yang negatif “Tuhan itu tidak adil!” tapi apa sih dasarnya mereka bisa berbicara seperti itu? apakah benar Tuhan itu tidak adil?

Jika anda dan saya berandai-andai apa yang akan Tuhan rencanakan dalam hidup kita, tentunya kita semua pasti akan menemukan bahwa sering kali rencana Tuhan tidak cocok dengan standar keadilan manusia. Saya akan memberikan 2 buah kisah, dan saya meminta anda yang membaca tulisan saya untuk memutuskan apa yang akan anda lakukan?

Kisah yang pertama, seorang petani berdoa agar diturunkan hujan, supaya sawahnya dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen yang sukses. Sementara itu tidak jauh dari sawah terdapat sebuah rumah yang di tinggali oleh seorang kakek tua, dan rumah tersebut memiliki kondisi dimana atap kamarnya mengalami kebocoran. Si kakek tua ini mengharapkan agar tidak pernah turun hujan supaya dia bisa tidur nyenyak dan tidak basah kuyup. Apa kemudian keputusan yang anda ambil? Saya yakin anda pasti akan kebingungan. Tapi masalah ini mudah bagi Tuhan, ia dapat segera menurunkan hujan sementara di lain sisi, Tuhan mengutus seseorang yang murah hati agar memperbaik rumah yang bocor itu.

Kisah kedua, lebih rumit lagi. Seorang ibu mendoakan hukuman mati kepada tersangka yang merenggut nyawa anaknya, di sisi lain keluarga si tersangka berdoa dengan sungguh-sungguh meminta pengampunan dari Tuhan dan keluarga korban agar anaknya tidak di hukum mati. Apa keputusan yang akan anda ambil? Membaca kisah ini tentu sulit bagi kita untuk berpihak.

Saya yakin pasti banyak doa-doa yang di panjatkan kepada Tuhan, dan saya juga yakin pada kesempatan dimana Tuhan tidak berpihak pada keinginan kita, muncul rasa kecewa dan kesal lalu kita mengatakan “Tuhan tidak adil”

Para pembaca yang saya hormati, tentu anda pasti mempunyai pemikiran yang berbeda dengan saya. Saya hanya ingin menyampaikan kalau saja yang terpenting itu bukan rasa kecewa atau kesal yang kita alami, tetapi bagaimana sikap dan respon kita dalam menghadapi setiap persoalan. Jadi, jangan sesekali anda menyalahkan masalah anda sebagai ketidakadilan. Anda kira orang-orang sukses tidak pernah kecewa dengan keputusan Tuhan atau masalah hidup mereka? Tentu saya yakin pasti mereka semua pernah kecewa. Tapi mereka tidak fokus pada rasa kecewa itu tetapi mereka mencari solusi jawaban dari masalah mereka.

Jangan pernah mengatakan Tuhan tidak adil, mungkin kitalah yang ternyata tidak adil terhadap diri kita sendiri karena kenyataannya Tuhan selalu adil sesuai dengan kehendakNya. Itulah salah satu kunci utama sebuah attitude atau sikap, jangan menyalahkan sesuatu pada lingkungan atau orang lain, dan jangan pernah berkata Tuhan itu tidak adil.

2 thoughts on “Tuhan Tidak Adil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *