Pemimpin dan Pengikut

pemimpin dan pengikut

Di dunia ini secara umum ada dua tipe manusia, yang pertama di kenal sebagai pemimpin dan yang kedua di kenal sebagai pengikut. Menjadi pengikut bukanlah hal yang memalukan, karena sebagian besar pemimpin awalnya adalah pengikut. Tetapi akan menjadi memalukan ketika anda sudah terlalu lama sebagai pengikut, disaat anda mempunyai kapasitas sebagai pemimpin.

Mereka yang saat ini menjadi pemimpin hebat, dulu nya adalah pengikut yang cerdas. Pengikut cerdas mempunyai banyak sekali keuntungan, yaitu kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dari pemimpinnya. Seorang pengikut yang tidak dapat mengikuti pemimpin secara cerdas tidak dapat menjadi pemimpin secara efisien nantinya.

Para pemimpin yang sukses akan memegang teguh prinsip dalam hidupnya. Mereka menjadikan prinsip ini sebagai sifat dasar dari karakter mereka. Sifat-sifat utama yang harus di kuasai pemimpin antara lain adalah Keberanian, Pengendalian diri, Mempunyai rasa keadilan, Kebiasaan mengerjakan lebih banyak daripada yang di terima, Kepribadian yang menyenangkan, Bertanggung jawab, Mau melayani dan yang terakhir Mampu bekerja sama.

Jabatan atau posisi anda sekarang ini secara birokrasi mungkin menyatakan bahwa anda adalah seorang pemimipin. Tetapi dalam realita sesungguhnya banyak sekali seorang yang mempunyai jabatan tinggi tapi belum mampu merangkul semua pengikutnya. Menjadi seorang pemimpin bukan merupakan sebuah tujuan akhir, seorang pemimpin adalah proses pengembangan diri supaya menjadi lebih baik lagi. Seorang pemimpin hanya mampu memimpin orang yang mempunyai kapasitas yang setara atau di bawah dirinya. Dalam arti kita tidak bisa memimpin seorang yang mempunyai kapasitas yang lebih tinggi dari kita, fakor nya adalah pengetahuan, pengalaman, dan integritas. Stay foolish & Stay hungry (Tetap menjadi orang bodoh dan haus akan pengetahuan dan pengalaman baru)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *