Impian yang baik itu seperti apa?

impian yang baik seperti apa

Pertama-tama adalah fokuslah dengan apa yang kita mau. Artinya kita harus tau apa yang sebenarnya kita butuhkan saat ini dan saat nanti. Impian juga harus spesifik tidak bisa secara umum. Seringkali saya bertanya kepada orang apa impian anda, mereka sebagian besar menjawab saya ingin menjadi orang sukses. Oleh karena itu, kita harus tau bagaimana cara membuat impian yang baik, dan mewujudkannya menjadi kenyataan.

Impian itu saja tidak cukup, impian harus di ubah menjadi tujuan yang jelas, atau yang sering kita sebut dengan goal. Mengapa? Karena impian itu bersifat abstrak dan tidak memiliki batas waktu pencapaian. Sedangkan goal yang kita inginkan harus mempunyai batas waktu yang jelas. Goal yang baik harus memenuhi prinsip S.M.A.R.T

S : SPECIFIC (spesifik, tertentu, jelas)

M : MEASURABLE (terukur)

A : ACHIEVABLE (yakin dapat diraih)

R : REASONABLE (alasan yang kuat)

T : TIME BOUND (punya batas waktu)

Specific, misalnya kita mempunyai impian mempunyai rumah. Maka harus jelas rumah tipe apa yang kita ingingkan, di daerah mana, tingkat berapa, ada kolam renangnya atau tidak, bagaimana lingkungannya, apa warna cat nya, dll. Prinsipnya adalah semakin spesifik, detail , jelas dan berwarna akan semakin baik.

Measurable, atau Terukur misalnya berapa DP nya, berapa angsuran bulanannya, berapa bunga nya dan sebagainya.

Achievable, atau bisa di capai, anda harus yakin kalau anda mampu mendapatkannya, bahkan di saat orang lain tidak mampu mendapatkannya.

Reasonable, atau Alasan yang sangat kuat misalnya demi orang tua tersayang atau untuk keluarga, anak-anak. Sehingga anda akan mempunyai emosi yang positif dan membuat selalu termotivasi

Time Bound, Ada batas waktu kapan goal tersebut harus tercapai. Batas waktu atau dead line ini harus jelas juga, misalnya dalam jangka 1 tahun, 5 tahun atau 10 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *